Blog berkaitan informasi sekolah rujukan SMPN 8 Muaro Jambi

MUSIKKU

  • EXPO SEKOLAH RUJUKAN

    Foto bersama seluruh panitia kegiatan expo sekolah rujukan nasional tahun 2018 dengan mengedepankan pembelajaran STEM ( Sains Technology enginering and math ).

  • PENGIMBASAN SEKOLAH RUJUKAN

    Salah satu program sekolah rujukan secara nasional adalah melakukan pengimbasan dalam rangka peningkatan mutu kepada sekolah-sekolah di sekitar sekolah rujukan .

  • GENERASI SEHAT

    Untuk menciptakan penerus bangsa yang sehat baik sehat jasmani dan rohani maka dibiasakan olagraga setiap hari Sabtu.

  • SEKOLAH HIJAU

    Untuk menciptakan lingkungan sehat dan ASRI untuk mendukung program sekolah sehat dan sekolah Adiwiyat.

  • GENERASI LITERAT

    Untuk menciptakan generasi yang literat maka dibiasakan membaca dan mengunjungi perpustakaan sekolah.

KESIAPAN SMP NEGERI 8 MUARO JAMBI DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA DENGAN MENERAPKAN PROTOKOL COVID 19


H. Saiful Asngari S.Ag selaku kepala Sekolah menyampaikan kesiapan SMPN 8 Muaro Jambi dalam Pembelajaran tatap Muka (PTM) pada masa pandemi Corona virus disease ( Covid ) dengan menerapkan Protokol Kesehatan ( Prokes ) seperti yang diperintahkan oleh Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi, melalui edaran nomor 420/159/01/Disdikbud /2021 . 
Beberapa langkah yang dilakukan yaitu 
- melakukan rapat koordinasi persiapan    pembelajaran tatap muka
- membentuk Tim Satgas pencegahan Covid- 19  
- memerintahkan semua  stake holder untuk melaksanakan tupoksinya masing-masing sesuai Surat Tugas Tim Satgas pencegahan Covid 19 . 

Kepala SMPN 8 Muaro Jambi juga menyampaikan bahwa sekolah telah berkoordinasi dan memperoleh ijin untuk melakukan pembelajaran tatap muka di masa pandemi covid 19 dari dinas terkait. 

Hal senada juga disampaikan Akhmad Saiful, S.Pd, selaku Wakil Kurikulum bahwasannya pembelajaran tatap muka sesuai hasil rapat koordinasi akan dilaksanakan dan juga telah dibuatkan jadwal pembelajaran yang disesuaikan dgn kondisi masa pandemi Covid-19, ini sesuai arahan dan edaran yang disampaikan oleh dinas Pendidikan,  agar pihak sekolah melakukan pembekalan kepada semua guru dan tenaga kependidikan untuk bersiap menghadapi pembelajaran Tatap muka di masa Covid 19 

Waka Kesiswaan dalam hal ini Heppy Suprianto , S.Pd juga menyampaikan bahwa semua kegiatan siswa saat PTM  sudah diatur menggunakan SOP pembelajaran masa covid-19, dari siswa masuk gerbang sampai pulang sekolah. dan aturan ini telah disosialisasikan kepada orangtua/wali dan juga  siswa serta dikawal ketat setiap saat oleh tim Satgas SMPN 8 Muaro Jambi yang dipantau oleh Satgas Covid-19 Desa Kasang Pudak maupun Satgas Covid 19 Kecamatan Kumpeh Ulu. 

Terkait sarana dan prasarana Rochman, S,Pd selaku Waka Sarpras, menyampaikan bahwa semua sarana  pendukung dan pelengkap yang dibutuhkan dalam pemebelajaran tatap muka telah memenuhi syarat Prokes dan SOP pembelajaran Tatap muka masa pandemi Covid-19. Penyediaan alat pengukur suhu yang sesuai rasio jumlah siswa , penyediaan  air mengalir untuk cuci tangan serta sabun cuci tangan,  hand sanitizer tiap kelas,  tangki penyemprot disinfektan,  masker dan face shield ( pelindung wajah ) serta sarana lain sesuai yang disyaratkan apabila ada sekolah yang ingin mendapatkan ijin PTM dari Bupati Muaro Jambi melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Muaro Jambi.





PENGUKURAN SUHU PENGUKURAN SUHU PENGUKURAN SUHU





CUCI TANGAN PAKAI SABUN DISINFEKTAN UNTUK TIAP KELAS TEMPAT CUCI TANGAN YANG MEMADAI
Share:

KEPALA SEKOLAH SMP NEGERI 8 MUARO JAMBI

 1. SABARUDIN Tahun  1982-1985

2. E.S.SUPARNO  Tahun 1985-1990

3. ISMAIL Tahun 1990 - 1996

4. JAMHUR S.H, S.Pd  26 Desember  1996  s.d  9 Agustus 1999

5. Drs. Afrizal  10 Agustus 1999 s.d 31 Agustus 2003

6. BAHARI  1 September 2003 s.d 12 juni 2007

7. Hamdi Azhar , M.Pd  13 Juni 2007 s.d  29 Oktober  2012

8. BAHARI .T, S.Pd 30 Oktober 2012 s.d  2013 

9. YOHANES RUING, S.Pd  2013 s.d 27 Januari 2015

10. H. RAMLI , S.Ag  28 Januari 2015 s.d 4 Mei 2020 

11. H. SAIFUL ASNGARI S.Ag  5 Mei 2020

Share:

SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA SMP NEGERI 08 MUARO JAMBI

                    SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA SMP NEGERI 08 MUARO JAMBI 


    SMP Negeri 8 Muaro Jambi yang berlokasi di Rt : 24 Jalan Raya Kasang Pudak Desa Kasang Pudak Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi berdiri pada Tahun 1983 pada saat itu masih berstatus swasta dengan nama " Yayasan Sultan Thaha "  dengan Kepala sekolah pertama Bapak Sabarudin . Pada saat berdiri sekolah tersebut masih menumpang di sebuah sekolah SD yang sekarang SD tersebut bernama SD Negeri 61 /IX Kasang Pudak  . Kemudian SMP tersebut menempati gedung baru seluas kurang lebih 20.000 meter persegi ( 2 Hektare ) yang diperoleh dengan cara  membeli oleh para tua tengganai masyarakat dan Kepala Desa saat itu . 

    Pada tahun 1984 pada saat kepemimpinan Bapak E.S Suparno sekolah tersebut di negerikan dan berubah nama menjadi SMP Negeri Kasang Pudak Dengan sk Mendikbud No.0557/0/1984 tanggal 20 Nopember 1984 . Pada saat itu masih dalam wilayah Kabupaten Batanghari 

    Pada tahun 1997 Sekolah tersebut namanya berubah kembali menjadi SLTP Negeri 2 Kumpeh Ulu . Pada saat itu yang menjabat menjadi kepala sekolah adalah Bapak Jamhur . 

    Kemudian di tahun 2002 nama sekolah tersebut berganti lagi menjadi SLTP Negeri 8 Kabupaten Muaro Jambi Yang ditetapkan  dengan SK Bupati Nomer 99 tahun 2002 tentang Penggantian   dan Penetapan nomer dan Lokasi SLTPN/SMUN di Kabupaten Muaro Jambi Tanggal 6 Maret 2002  nama SLTP 2 menjadi SMP Negeri 8 Muaro Jambi karena mulai tahun 1999 Kabupaten Batang hari resmi dimekarkan menjadi Kabupaten Batanghari yang beribukota di Muara Bulian dan Kabupaten Muaro Jambi yang beribukota di Sengeti.

    Tahun 2004  SLTP Negeri 08 Muaro Jambi berubah menjadi SMP Negeri 8 Muaro Jambi. 

  SDemikian sejarah singkat berdirinya SMP Negeri 8 Muaro Jambi yang penulis himpun dari keterangan guru-guru Senior yang sudah mengajar semenjak sekolah ini berdiri yang sempat memberikan keterangan diantaranya adalah :

             1. Ibu Nurmani S.Pd

             2. Ibu Mardiah T.Noor  S.Pd

            3. Ibu Bahria  S.Pd

            4. Ibu Siti Rukayah  S.Pd

            5. Bapak Rudi Indah Gusnadi 

            6. Serta keterangan guru-guru lain dan pihak -pihak lain yang mengenal sejarah berdirinya SMP Negeri 8 Muaro Jambi yang tidak kami sebutkan satu persatu.

 

     Namun demikian sejarah singkat ini mungkin ada yang kurang lengkap atau kurang tepat silahkan para pembaca  memberikan masukan dengan data yang outentik demi keabsahan dari sejarah dan catatan ini . 




SK PENEGERIAN SMPN 8

SK PENGUBAHAN NAMA SMPN 8 MUARO JAMBI

Share:

Postingan Populer

Arsip Blog

Labels